Home » , , » Cara Menggunakan Sosial Media untuk Hindari Tindak Kekerasan

Cara Menggunakan Sosial Media untuk Hindari Tindak Kekerasan

Written By Unknown on Sunday, May 12, 2013 | 1:33 AM

Semakin banyak ditemukan kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan, yang diakibatkan oleh pergaulan di dunia maya. Kasus-kasus kekerasan itu termasuk pelecehan, pemerkosaan, hingga kasus pembunuhan. Semuanya seolah bergantian menghiasi media massa, dan dikonsumsi oleh masyarakat. Adakah yang salah dengan social media, ataukah kita yang harus lebih bijak menggunakannya? Mari kita bahas pada artikel ini, bagaimana menggunakan social media agar terhindar dari tindak kriminal yang merugikan kita, terutama para wanita.

Cara menggunakan social media agar terhindar dari tindak kekerasan:

Berhati-hatilah dengan kenalan baru di internet.

Situs-situs jejaring sosial semakin memudahkan seseorang untuk mendapatkan kenalan baru di internet. Tidak jarang, perkenalan di dunia maya dilanjutkan dengan pertemuan di dunia nyata. Banyak yang sukses dengan hubungan yang baik setelahnya, namun tidak jarang terjadi kekerasan, penculikan, perkosaan, penganiayaan, hingga pembunuhan, yang dilakukan oleh sang kenalan baru. Untuk itu, setiap kita, terutama wanita, perlu lebih waspada dengan kenalan baru kita di internet. Apabila perkenalan itu semakin intens dan semakin serius, upayakan untuk memberitahukan ke orang terdekat mengenai perkenalan itu, sekadar untuk berjaga-jaga.

Skeptis terhadap ajakan pertemuan.

Biasanya perkenalan di dunia maya akan dilanjutkan dengan kontak-kontakan melalui telepon & SMS, dilanjutkan dengan ajakan pertemuan. Yakinkah Anda dengan orang yang mengajak Anda bertemu? Ada baiknya untuk lebih hati-hati dan tidak mudah terlena dengan ajakan pertemuan. Jika Anda memang benar-benar ingin bertemu, ajaklah orang yang Anda kenal untuk menemani, setidaknya hingga Anda benar-benar kenal dengan orang yang Anda temui, dan ada orang yang Anda kenal juga mengenal orang tersebut.

Jangan terlena oleh pujian di dunia maya.

Tidak ada orang yang tidak senang dengan pujian. Bahkan banyak yang mudah terlena dengan pujian tersebut. Kata-kata seperti “cantik”, “manis”, dan sebagainya, dapat membuat orang terbuai dan terlena, sehingga mudah masuk dalam “perangkap”. Untuk itu, berhati-hatilah dengan pujian yang terlontar dari kenalan baru Anda di dunia maya.
Sibukkan diri dengan kegiatan produktif.

Salah satu alasan orang getol berinteraksi di dunia maya adalah karena memiliki banyak sekali waktu luang yang tidak produktif, sehingga menjadikan interaksi di dunia maya sebagai bahan pengisi waktu. Untuk itu, sibukkan diri Anda dengan kegiatan produktif, yang dapat secara efektif mengurangi waktu interaksi di dunia maya.

Gunakan jejaring sosial sebagai media produktif.

Nah, ini salah satu cara paling efektif menghindarkan Anda dari pengaruh buruk sosial media, yaitu dengan memanfaatkan media tersebut sebagai media produktif. Media produktif ini maksudnya adalah media di mana kita bisa melakukan hal-hal bermanfaat, antara lain interaksi sosial positif, berkomunitas produktif, hingga menghasilkan profit.

Semoga tips cara bijak menggunakan sosial media untuk menghindarkan diri dari tindak kejahatan, ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Selamat melanjutkan aktivitas, dan semoga kita semua terhindar dari pengaruh buruk yang bisa ditimbukan dari pergaulan internet. :)

Sumber: Sosial Media

0 comments:

Post a Comment

Jika anda mempunyai pertanyaan tentang Artikel ini, silahkan kirimkan komentar kepada kami melalui form berikut :